Update Aja

14 Rekomendasi Brand Clothing Terbaik di Indonesia, Stylish dan Keren

Soal fashion, produk dari brand clothing di Indonesia tak kalah keren dengan merek luar negeri. Salah satunya bahkan sudah mejeng di perhelatan akbar di New York Fashion Week tahun ini, loh! Jadi kamu patut bangga ya, pakai baju buatan UMKM lokal.

Sebagaimana kamu tahu, era sosial media dan e-commerce seperti sekarang ini membuka peluang buat siapa saja untuk menjadi pebisnis. Salah, satunya dengan membuka brand clothing sendiri. Namun, saking banyaknya merek yang tersedia, kamu mungkin merasa bingung mau pilih yang mana. 

Jangan khawatir, Anteraja sudah menyiapkan daftar rekomendasi brand clothing lokal terbaik. Kamu dijamin pasti suka! Tapi sebelumnya, simak dahulu tips memilih kaos agar kamu tidak kecewa saat membeli.

Tips Pilih Kaos

Saat menentukan pilihan kaos yang kamu sukai, cobalah perhatikan beberapa bagian pada kaos tersebut. Ini agar kaos yang kamu beli sesuai dengan ukuran tubuh kamu, dan pastinya keren saat dipakai.

Perhatikan Bagian Pundak

Kamu sebaiknya perhatikan sambungan jahitan di antara bagian badan kaos dengan bagian lengan. Jahitan yang bagus adalah jahitan yang berada di sudut tulang bahu agar kaos yang kamu pakai tidak terlihat kebesaran atau kekecilan. Kaos yang jahitan sambungannya terletak pada sudut tulang bahu adalah kaos yang ukurannya pas dengan ukuran tubuh kamu.

Perhatikan Bagian Lengan

Setiap kaos pasti punya model lengan yang berbeda-beda. Ada yang panjangnya sepertiga dari bagian lengan atas, ada juga yang ukurannya dua pertiga dari lengan atas. Nah, buat kaos lengan pendek yang ukurannya sepertiga dari lengan atas biasa dikenal dengan istilah kaos skinny. Model kaos ini cocok buat kamu yang punya otot lengan yang baik.

Perhatikan Panjang Kaos

Panjang kaos pria biasanya hingga bagian di bawah sabuk sampai setengah resleting celana. Kaos yang panjangnya hanya sampai di atas ikat pinggang akan terbuka ketika kamu membungkuk. Hal ini pasti membuat kamu tidak nyaman, dan malu dilihat orang lain.

Perhatikan Sablonan

Salah satu faktor awet tidaknya kaos adalah pada sablonannya. Kalau sablonan sudah luntur atau terkelupas, jadi tidak keren, kan? Maka dari itu pilihnya bahan sablon berkualitas sehingga awet digunakan.  Ada beberapa bahan sablon yang bisa kamu pertimbangkan mulai dari jenis rubber, plastisol, flocking, glow in the dark, hingga sablon DTG.

Perhatikan Bahan Kaos

Selain sablon, bahan kaos juga berpengaruh loh ke tingkat keawetannya. Bahan bahkan menentukan apakah kaos yang kamu beli nyaman dipakai atau tidak. Soalnya ada beberapa bahan kaos yang tidak menyerap keringat, dan cepat panas saat dipakai. Kamu bisa pilih beberapa bahan kaos seperti cardet, polyester, cotton combed, teteron cotton, dan viscose cotton. 

Rekomendasi Brand Lokal Terbaik

Nah, sudah tahu kan cara pilih kaos lokal terbaik? Sekarang saatnya kamu pilih ya beberapa brand di bawah ini, mana yang paling kamu sukai. Brand dalam daftar rekomendasi ini sudah terkenal punya kualitas kaos yang baik, stylish dan keren.

1. Screamous

Brand Lokal Bandung Terbaik - Screamous
Sumber: Screamous

Screamous merupakan salah satu fashion kekinian yang memproduksi t-shirt, hoodie, topi, dan aksesori lainnya. Hebatnya, Screamous juga sudah berkolaborasi dengan seniman kelas dunia asal Jepang, Usugrow. Bikin bangga lagi, Screamous merupakan brand clothing lokal asal Bandung yang mulai dipasarkan pada 2014.

2. Ouval Research

Brand Lokal Bandung Terbaik - Ouval Research
Sumber: Sch Official

Kamu pasti sudah tahu dengan brand Sch. Brand ini dikenal sejak tahun 1990-an dan 2000-an. Ouval Research sudah terkenal hingga ke negeri tetangga yakni Singapura dan Malaysia. Tiga orang dibalik brand populer ini adalah M Rizki Yanuar, Firman Firdaus, dan Arif Maskom.

3. Flashy

Brand Lokal Bandung Terbaik - Flashy
Sumber: Flashy Shop

Pada awalnya, Flashy memproduksi tas untuk wanita. Namun perlahan mereka juga memproduksi item lainnya hingga kini punya koleksi dompet, outerwear, dan t-shirt. Selain itu mereka juga merambah make-up case dan case handphone, loh!

4. UNKL347

Brand Lokal Bandung Terbaik - UNKL347
Sumber: UNKL347

Satu lagi brand clothing lokal yang berasal dari Bandung. UNKL347 termasuk salah satu yang dikenal luas, loh! Brand ini juga pernah kolaborasi dengan berbagai musisi, dan film-film di Indonesia. UNKL347 menggunakan bahan-bahan lokal dan juga dikerjakan oleh perajin lokal.

(Baca juga: Bisnis Fashion)

5. 3Second

Brand Lokal Bandung Terbaik - 3Second
Sumber: 3Second

Kalau kamu ke mall mungkin sudah sering dengan nama brand ini. 3Second memang punya kualitas kaos yang sudah teruji kualitasnya. Selain bisa kamu temukan di mall, 3Second juga punya toko online di e-commerce. Tak cuma kaos, 3Second juga punya koleksi aksesori lainnya.

6. Blackjack

Brand Lokal Bandung Terbaik - Blackjack
Sumber: Blackjack

Masih dari kota Bandung, kalau kamu ke Jalan Trunojoyo pasti akan menemui toko Blackjack. Ini adalah salah satu brand legendaris yang sudah ada sejak 1999. Brand lokal ini banyak disukai mahasiswa dan anak muda. 

7. Bloods

Brand Lokal Bandung Terbaik - Bloods
Sumber: Bloods Industries

Salah satu brand clothing lokal yang punya banyak fashion item. Misalnya saja hoodie, t-shirt, sling bag hingga sneakers. Selain punya desain yang keren dan stylish, harga yang ditawarkan Bloods juga cukup terjangkau.

8. Wadezig

Brand Lokal Bandung Terbaik - Wadezig
Sumber: Wadezig

Dengan harga ramah kantong kamu sudah bisa punya kaos dengan desain yang simple dan elegan. Wadezig memang terkenal akan grafis yang sederhana namun tetap terlihat gaul dan keren. Nah, kalau kamu yang tidak suka dengan sablon kaos yang terlalu ramai, brand ini bisa jadi pilihan.

(Baca juga: Produk Online Terlaris)

9. Greenlight

Brand Lokal Bandung Terbaik - Greenlight
Sumber: Greenlight

Ini merupakan brand saudara dari 3Second. Meski begitu, keduanya tidak saling menjatuhkan karena punya pangsa pasar yang berbeda. Greenlight dikhususkan buat kalangan pria dan wanita dewasa dengan desainnya yang elegan. Cocok deh buat kamu yang mau tampil kasual.

10. Kick Denim

Brand Lokal Bandung Terbaik - Kick Denim
Sumber: Kick Denim

Kamu lagi cari jeans yang stylish dan keren? Kick Denim mungkin bisa jadi akhir pencarian kamu. Tak cuma jeans loh, mereka juga punya t-shirt yang berkualitas. Brand yang sudah didirikan sejak 2010 ini sudah dipercaya ke beberapa negara di Asia.

(Baca Juga: sepatu lari lokal terbaik)

11. Mischief Denim

Brand Lokal Bandung Terbaik - Mischief
Sumber: Mischief Denim

Mischief Denim adalah salah satu brand lokal yang terkenal dengan produk celana jeans. Brand ini punya berbagai cutting dan jenis. Bahannya juga beragam mulai dari lightweight hingga heavyweight. Mischief Denim jadi salah satu brand jeans yang bisa kamu pilih. 

12. Dreambirds

Sumber: Shopee

Berdiri sejak tahun 2009, Dreambirds didirikan oleh dua orang bernama Abinara dan Sasa Rianzy. Brand ini juga sudah merambah pasar luar negeri, loh! Uniknya produk Dreambirds berbasis home made. Selain itu produk yang dijual juga dibuat secara terbatas.

13. Erigo

Sumber: Lazada

Erigo beberapa waktu kemarin sempat menghebohkan jagat maya karena tampil di New York Fashion Week. Promo brand Erigo juga sudah sampai ke New York Times Square. Erigo didirikan oleh Muhammad Sadad pada tahun 2011 di Depok, Jawa Barat. Sejak merambah e-commerce penjualan Erigo mengalami pangsa pasar yang pesat.

14. Kamengski

Sumber: Shopee

Brand yang menonjol dengan produk parodinya ini merupakan salah satu brand clothing lokal terbaik. Kekuatan Kamengski pada tema parodinya tersebut membuat brand ini meraih kepopuleran. Kamengski bahkan pernah berkolaborasi dengan penyanyi Raisa, tentunya dengan sentuhan parodi khasnya. Kamengski didirikan Sulaiman Said karena terinspirasi dari kebiasaan anak muda yang suka pakaian streetwear.

Itu dia rekomendasi brand clothing terbaik yang bisa kamu pakai sehari-hari maupun bepergian. Selain punya desain yang keren dan stylish, beberapa brand tersebut juga punya kualitas bahan terbaik. 

Selain bisa lewat toko offline, kamu juga bisa membelinya via online di e-commerce kesayangan kamu, ya! Dengan membeli brand clothing lokal, kamu berarti sudah mendukung UMKM Tanah Air. 

Setelah melakukan check-out, jangan lupa juga buat pilih layanan pengantaran dari Anteraja! Kamu bisa pilih pengantaran Reguler, Next Day dan Same Day. Selain itu layanan dari Anteraja juga sudah menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia.

Eits tunggu dulu. Anteraja juga menyediakan berbagai macam artikel tentang Rekomendasi Produk-produk fashion lokal lainnya yang dapat membantu pembaca setia Anteraja dalam memilih produk-produkt terbaik untuk kamu beli seperti:

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *